• Breaking News

    Pohon Tumbang di desa Wanagiri , Akses Jalur Singaraja-Bedugul Lumpuh total

     

    Pohon tumbang macetkan arus lalu lintas total

    HAVIA WORLD | BALI | Hujan deras yang mengguyur wilayah Buleleng atas tepatnya di Desa Gitgit dan Desa Wanagiri, Kecamatan Sukasada, Buleleng, pada Kamis (25/3/2021 ) siang. Akibatnya, 2 pohon tumbang di jalur Singaraja-Bedugul tepatnya di KM 25 Desa Wanagiri, sekitar pukul 13.00 wita. Bahkan, tumbangnya pohon ini juga disertai dengan tanah longsor.

    Tumbangnya dua pohon disertai tanah longsor itu, cukup membuat arus lalulintas disepanjang jalur utama tersebut macet total hingga beberapa jam lamanya. Mengingat, dua batang pohon berdiameter 50 Centimeter (Cm) tersebut tumbang sampai menutup akses jalan.

    Kendaraan roda empat maupun kendaraan roda dua terpaksa tidak bisa melintasi jalur itu. Alhasil, kemacetan pun terjadi hingga mencapai beberapa kilometer (Km) baik kendaraan yang menuju ke Singaraja (selatan ke utara) maupun kendaraan yang menuju ke arah Denpasar (utara ke selatan).

    Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa pohon tumbang disertai tanah longsor yang terjadi di jalur yang menjadi kawasan wisata hewan Monyet berada. Personel dari Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Buleleng pun langsung mendatangi lokasi.

    Dibantu petugas dari Balai Jalan Provinsi dan anggota TNi-Polri, sebanyak 12 personel TRC BPBD Buleleng langsung mengevakuasi dua pohon tumbang tersebut dan membersihkan sisa-sisa material longsor yang kebanyakan berupa bebatuan.

    Penanganan pohon tumbang itu, dilakukan petugas BPBD Buleleng dengan memakai alat pemotong kayu (chainsaw). Pemotongan batang pohon yang menutup akses jalan oleh petugas itu berlangsung cukup lama, lantaran ukuran batang pohon cukup besar.

    Sekitar pukul 15.10 wita, batang pohon itupun berhasil dipotong, sehingga akses jalan kembali normal dan lancar.

    Kepala Pelaksana BPBD Buleleng, Putu Ariadi Pribadi mengatakan, pohon tumbang disertai tanah longsor yang terjadi di jalur utama Singaraja-Bedugul kawasan Desa Wanagiri diakibatkan karena hujan deras, ditambah kondisi tanah yang labil. Ariadi Pribadi tak menampik, sempat terjadi macet total sekitar 1 jam lebih akibat kejadian tersebut,  "Sudah kami tangani, petugas juga sudah langsung ke lokasi untuk melakukan penanganan. Saat ini, arus lalulintas di jalur itu sudah kembali normal, walaupun saat ada pohon tumbang sempat terjadi macet sekitar 1 jam-an itu," kata Ariadi Pribadi

    Lantaran situasi cuaca yang masih tidak bersahabat, Ariadi Pribadi pun mengimbau, agar masyarakat yang melintasi jalur utama wilayah Gitgit, Wanagiri tetap hati-hati dan selalu waspada akan terjadinya bencana.

    Mengingat, sepanjang jalur tersebut adalah kawasan perbukitan yang rawan bencana longsor dan pohon tumbang.

    "Himbauan tetap kami sampaikan kepada masyarakat yang kebetulan melintasi jalur tersebut, karena itu daerah tebing (perbukitan) ketika cuaca hujan deras, tentu harus hati-hati dan waspada. Kami dari BPBD akan selalu stand by untuk sigap terhadap bencana yang terjadi," pungkas Ariadi Pribadi. (Mega)

    No comments