• Breaking News

    Pemberian gelar Jenderal Sagu kepada Pangdam XVII/Cenderawasih dan Kapolda Papua

    Peringatan hari sagu 
    HAVIA WORLD | PAPUA | Perayaan hari Sagu IV dengan Tema Kembali Ke Sagu diadakan dilahan Wisata alam Hiroshi, Jalan Lingkar Utara dekat kediaman Bupati Jayapaura, Kampung Kemiri, Kelurahan Hinekombe, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, Minggu (21/06), Pukul 13.50 WIT, yang diikuti kurang lebih 50 orang.

    Yang turut hadir menyaksikan perayaan ini adalah, Kolonel Inf Achmad Fauzi, S.IP, M.M (Kasrem 172/PWY), Letkol Kes Alwi (Kasibinjas Dispers Lanud Silas Papare), AKP Sutardi SH, M.H (Kasatbimnas Polres Jayapaura), Bapak Yan Yap L. Ormusrray SH., M.Si (Kadis Kehutanan dan Lingkungan Hidup Provinsi), Bapak Marshal Suebu S.Sos, M, Si (Ketua Komunitas Penggiat Sagu), Dr. Ir. Martina Sri Lestari MP (Kepala BPTP Papua)

    Memanen, dan menanam
    Rangkaian kegiatan meliputi Pembacaan doa yang dipimpin oleh Bapak Septinus Wambrauw, kemudian sambutan oleh Dr. Ir. Martina Sri Lestari MP (Kepala BPTP Papua), "Bila kita memanen satu sagu kita juga harus menanam satu pohon, dan bila kita menanam sagu sekarang berarti kita ingat terhadap anak cucu kita di kemudian kelak. Sagu merupakan makanan ekslusif di Papua, bukan hanya dalam bentuk Papeda saja yang bisa dibuat dari sagu namun masih banyak lagi dan juga Kita sudah mulai pembibitan, dan pengembang sagu. Kita harus bisa mengembangkan sagu untk ketahanan pangan di Papua ini, "paparnya.

    Dilanjutkan oleh Kolonel Inf Achmad Fauzi, S.IP, M.M (Kasrem 172/PWY), "Makanan asli papua ini harus dilestarikan, sagu juga merupakan sandang, pangan dan papan, air dan energi serta merupakan makanan pokok di sini jadi harus dilestarikan dan dikembangkan juga harus bisa menjadi daya tarik tersendiri di wilayah Papua. Jika ada sagu maka disana juga ada air, sehingga jika kita menanam sagu bisa lebih gampang menemukan air, apabila kita mengembangkan sagu maka kita bisa memperkenalkan bahkan mengembangkan ke daerah lain atau bisa ekspor, sebab jika ada tamu dari daerah lain mereka akan mencari oleh-oleh dan sagu bisa dijadikan olah-oleh dan daya tarik dari Papua, "Jelasnya dan juga berharap para generasi muda bisa mencintai dan mengembangkan potensi dari daerah khususnya sagu.

    Kepala Dinas Kehutanan dan Lingkungan Hidup Provinsi Papua, Yan Yap L. Ormusrray SH., M.Si juga menyampaikan hal yang serupa bahwa, "Sagu merupakan potensi yang besar buat masyarakat papua, bahwa disana sagu sudah dikembangkan di bagian selatan Papua, Merauke, Mappi yang bibitnya diambil dari hutan sagu. Namun sagu ini bukan hanya ada di Papua tetapi terdapat juga di Riau tepatnya di pelabuhan Maranti yaitu kota sagu, bahkan sagu sudah berkembang disana bahkan sudah dikembangkan sampai di Jepang. Dengan menanam sagu Kita bisa mendapatkan banyak air berbeda dengan kelapa sawit yang banyak menghisap air. Jadi mari kita tanam sagu supaya kita tidak mengalami kekeringan, "jelasnya saat perayaan hari sagu ke IV di Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura.


    Kemudian berlanjut dengan acara panen sagu, yang diadakan pukul 14.25 WIT, dan pemarutan yang dilanjutkan dengan penanaman pohon sagu. Marshal Suebu S.Sos, M, Si yang merupakan Ketua Komunitas Penggiat Sagu menuturkan, " Kita yang juga sebagai pemilik berfikir bagaimana kita dibesarkan dari sagu sehingga 4 tahun yang lalu tanggal 21 Juni 2017 menjadi hari sagu, kami berharap suatu saat akan jadi hari sagu nasional bahkan hari sagu dunia, "ujarnya. Dan juga ditutup dengan keinginan bantuan kepada TNI dan Polri untuk ikut menjaga hutan sagu dari peralihan fungsi menjadi lahan bangunan.

    Dan juga tambahan dari Ketua Komunitas Penggiat Sagu, yang menyematkan julukan kepada Pohon sagu dengan istilah Walino atau pohon kehidupan, karena menurutnya sagu merupakan tanaman yang dari pucuk sampai akar bisa digunakan dalam kehidupan manusia. Kemudian dilanjutkan dengan memberikan jabatan jenderal Sagu kepada Pangdam dan Kapolda, dengan harapan bahwa secara bersama-sama mengembangkan sagu, agar tanggal 21 Juni bisa menjadi hari Sagu Nasional dan kalo bisa sampai Hari sagu Internasional.

    Penyerahan secara simbolik kepada perwakilan Jenderal Sagu yang diwakili oleh Kolonel Inf Achmad Fauzi, S.IP, M.M (Kasrem 172/PWY) dan AKP Sutardi SH, M.H (Kasatbimnas Polres Jayapaura), terakhir Pengambilan video ucapan selamat ulang tahun untuk Ir. H. Joko Widodo (Presiden Republik Indonesia) serta peringatan hari sagu ke-4 di Papua.

    Ditutup dengan Pembacaan doa oleh Pendeta Yeremias Mamawiso kemudian acara ramah tamah sampai berakhirnya acara pukul 16.00 WIT. (Tim)

    No comments