• Breaking News

    Keributan antara masyarakat rebutan Galian C, Sentani

    Tempat Kejadian Perkara
    HAVIA WORLD | PAPUA | Telah terjadi keributan antara sesama Masyarakat Ifar Besar Erik Yoku dengan Niko Yoku (Anak Alm. Frans Alberth Yoku) terkait permasalahan klaim tanah Gunung galian C Hawai yang telah dijual kepada Wempi Tolo oleh Yan Yoku (Ondoafi Ifar Besar) yang berada di depan Hotel Suny Garden & Lake Sentani, yang mana masih memiliki hubungan keluarga. Kejadian ini terjadi di Galian Gunung C Hawai, Jln. Raya Hawai-Sentani, Distrik Sentani, Kab. Jayapura, (11/06), pukul 12.40 WIT

    Kronologis kejadian sebagai berikut, Para pekerja yang bekerja di gunung galian C Hawai milik Wempi Tolo didatangi oleh Erik Yoku dan beberapa masyarakat Ifar Besar (Hubungan Keluarga) sekitar 15 orang, dan menyampaikan agar berhenti melaksanakan aktifitas penggalian.


    Kemudian para pekerja melaporkan hal tersebut kepada Niko Yoku (Anak Alm. Frans Alberth Yoku) atas kedatangan masyarakat Ifar Besar, Niko Yoku (Anak Alm. Frans Alberth Yoku) tiba di Kantor penggalian William Holelo Yoku (Ondofolo Ifar Besar Kedua), untuk menyelesaikan permasalahan tersebut.
    Erik Yoku dan beberapa masyarakat Ifar Besar (Hubungan Keluarga) tidak menerima penyampaian dari Sdr. Niko Yoku (Anak Alm. Frans Alberth Yoku) sehingga terjadi keributan dan pengrusakan kantor milik William Holelo Yoku (Ondofolo Ifar Besar) dan kendaraan yang berada di lokasi tersebut. Niko Yoku (Anak Alm. Frans Alberth Yoku) tidak menerima perlakuan dari Sdr. Erik Yoku dan beberapa masyarakat Ifar Besar (Hubungan Keluarga) sehingga terjadi aksi pengejaran dengan membawa alat satjam, sampai di jalan Raya Hawai Sentani sekitar 30 orang, dan mengakibatkan salah satu masyarakat yang terkena benda Satjam.


    Pada pukul 12.55 WIT, Kompol Zeth Salino, SH (Wakapolres Jayapura) yang didampingi AKP Lintong Simanjuntuk, SH.,MH (Kapolsek Sentani Kota) beserta sekitar 30 personil Res Jayapura tiba di lokasi kejadian. Salah satu masyarakat yang terkena Satjam dilarikan di RSUD Yowari oleh Aparat Kepolisian Res Jayapura dengan menggunakan Mobil Patroli Polsek Sentani Kota.

    Akhirnya kedua belah kubu dapat diamankan oleh aparat keamanan Polres Jayapura dan melakukan koordinasi terhadap masing-masing kedua belah kubu agar permasalahan dapat diselesaikan. Lalu kemudian kedua belah kubu membubarkan diri dari hasil koordinasi pihak keamanan, dan kondisi mulai kondusif.

    Adapun kerugian personil dan materil, personil, Alfons Tukayo, 23 Tahun, laki-laki, K. Protestan, Alamat Kampung Yoka Distrik Heram Kodya Jayapura (Meninggal Dunia) dengan luka bacokan satjam di bagian atas punggung dan Dagu, serta luka memar akibat hantaman benda keras di bagian pelipis kanan dan bagian mulut.

    Materil berupa kantor milik William Holelo Yoku (Ondofolo Ifar Besar) mengalami kerusakan akibat lemparan batu. Dan 1 Motor jenis Honda Beat warna silver dengan nopol PA 3945 RQ mengalami rusak berat. (Tim)

    No comments