• Breaking News

    PERAMPASAN 4 PUCUK SENPI INVESTARIS POSPOL 99

    Korban pembacokan

    HAVIA WORLD | PAPUA | Pada hari jumat tgl 15 mei 2020 sekitar pukul 22.00 -23.00 Wit telah terjadi adanya tindakan kekerasan terhadap anggota pospol 99 Ndeotadi Distrik Bogobaida Kabupaten Paniai dan perampasan 4 pucuk senpi laras panjang inventaris pospol tersebut. Adapun nama Korban yaitu Briptu Kristian Paliling anggt Polres Paniai BKO Pospol Ndeotadi. Sementara kondisi korban kritis dan dirawat di rmh salah satu warga masyarakat sekitar.

    Kronologis kejadian, Pada tgl 15 Mei 2020, sekitar pukul 22.00 - 23.00 Wit, 3 org anggt pospol atas nama Briptu Irvan, Bripda Ganda, Bripda Aldi melakukan giat rapat bersama masyarakat dan para pengusaha tambang, kios dan lain-lainnya di salah satu rumah warga, rapat tersebut bertujuan untuk membahas terkait serpas anggota pospol 99.

    Pada saat itu anggota yang menjaga Pospol atas nama Briptu Kristian Palilingan (Korban) di datang sejumlah masyarakat ke Pos Pol 99 dan melakukan kekerasan terhadap korban yang saat itu sendirian di Pospol dan sejumlah masyarakat tersebut merampas 4 pucuk senpi inventaris Pospol 99 tersebut.

    Kerugian Personil, 1 orang anggota atas nama Briptu Kritian Palilingan mengalami luka bacok di bagian tangan dan kepala. Kerugian material 4 pucuk senpi yg di rampas yaitu, AK 47 1 pucuk, AK China 1 pucuk, SS-1 V1 2 pucuk. Situasi saat ini masih mencekam hanya terdengar suara-suara teriakan dari masyarakat dan masih takut untuk keluar dari rumah. Saat ini Kondisi dari ke tiga anggtota pospol masih melakukan pengamanan diri di rumah penduduk.

    Sampai saat ini belum ada terdengar suara letusan tembakan. Diduga masyarakat yang menyerang Pospol dari Suku Dani dan menurut informasi bahwa salah satu dari masyarakat tsb adalah yang bernama an. Toni Tabuni (anak dari alm. Tomi Tabuni (Mantan KKSB Jaya Wijaya. Kondisi wilayah Pospol tsb tdk ada jaringan seluler hanya jaringan telepon satelit dan jaringan Wafi dari para pengusaha di wil tsb utk sementara masyarakat dan pengusaha belum bisa berkumonikasi dan masih berdiam diri di rumah karena takut. Sementara Ada Pospol lain (Pospol Bayu Biru) di sekitaran daerah tsb namun jaraknya sangat jauh harus berjalan kaki sekitar kurang lebih enam jam.

    Jarak antara Pospol 99 dan Polres Paniai harus di tempuh dgn menggunakan Heli Copter. Informasi bahwa jumlah anggota BKO Pospol tersebut berjumlah 8 orang namun 4 orang lainya termasuk Danpos sdh bergeser ke Polres Paniai dalam rangka serpas atau pergantian anggt BKO yg dimana giat serpas tsb masih menunggu anggt baru yg akan menggantikan anggota BKO lama. (Tim)

    No comments