• Breaking News

    PEMBAKARAN RUMAH PENSIUNAN PT. FREEPORT INDONESIA

    Petugas Damkar tiba di lokasi

    HAVIA WORLD | PAPUA | Pada Senin tanggal 18 Mei 2020 sekitar pukul 22.00 WIT bertempat di Kompleks Asrama Putri Yan Mamoribo Perumnas IV Padang Bulan, Jl. Sosial, Kelurahan Hedam, Distrik Heram, Kota Jayapura telah terjadi pembakaran 1 (satu) unit Rumah Kosong milik Bpk. Frans Sokoy (Laki-laki, 50 Tahun, Kristen Protestan, Swasta/Pensiunan Pegawai PT. Freeport Indonesia, Kompleks Asrama Putri Yan Mamoribo Perumnas IV Padang Bulan) yang dibakar oleh Frendy Sokoy (Laki-laki, 27 Tahun, Kristen Protestan, Swasta, Kompleks Asrama Putri Yan Mamoribo Perumnas IV Padang Bulan), diduga disebabkan adanya permasalahan kekeluargaan.

    Kronologis kejadian, Pukul 22.00 WIT saksi a.n Bpk. Frans Rumsarwir (Laki-laki, 42 Tahun, Kristen Protestan, Anggota Bawaslu Kota Jayapura, Kompleks Asrama Putri Yan Mamoribo Perumnas IV Padang Bulan) melihat adanya pertengkaran antara anak dari Bpk. Frans Sokoy a.n Sdr. Frendy Sokoy dan Sdri. Frida Sokoy, Tiba-tiba Sdr. Frendy Sokoy melakukan pembakaran rumah milik orang tuanya a.n Bpk. Frans Sokoy dengan menggunakan Korek Api Gas, selanjutnya yang bersangkutan melarikan diri.

    Petugas berusaha memadamkan api

    Pukul 22.06 WIT Api dengan cepat menyebar dikarenakan rumah tersebut terbuat dari bahan kayu. Pukul 22.08 WIT Bpk. Frans Rumsarwir yang melihat api semakin membesar langsung berteriak meminta pertolongan kepada warga sekitar dan menghubungi Pihak Polsek Abepura via telepon. Pukul 22.10 WIT warga sekitar yang mengetahui kejadian tersebut berusaha memadamkan api dengan peralatan seadanya. Pukul 22.15 WIT 5 (lima) orang Personel Polsek Abepura yang dipimpin oleh Aiptu Taslim (KSPK Regu III Polsek Abepura) tiba di lokasi kebakaran untuk mengamankan situasi, selanjutnya menghubungi Pemadam Kebakaran. Pukul 22.21 WIT 3 (tiga) unit Mobil Pemadam Kebakaran Pemerintah Kota Jayapura tiba di lokasi kebakaran untuk membantu memadamkan api. Pukul 22.35 WIT Api berhasil dipadamkan, namun pihak Pemadam Kebakaran terus melakukan penyemprotan untuk mendinginkan bangunan dan memastikan api benar-benar telah padam dan tidak ada lagi bara yang masih menyala.

    Frendy Sokoy pelaku pembakaran

    Pukul 22.42 WIT 3 (tiga) unit Mobil Pemadam Kebakaran Pemerintah Kota Jayapura meninggalkan lokasi kebakaran. Pukul 22.50 WIT Personel Polsek Abepura meninggalkan lokasi kebakaran, situasi aman.

    Kerugian yang diakibatkan kejadian tersebut, tidak ada korban jiwa tetapi 1 (satu) unit Rumah milik Bpk. Frans Sokoy (Laki-laki, 50 Tahun, Kristen Protestan, Swasta/Pensiunan Pegawai PT. Freeport Indonesia, Kompleks Asrama Putri Yan Mamoribo Perumnas IV Padang Bulan) habis terbakar dan kerugian diperkirakan mencapai sekitar Rp. 20.000.000,- (dua puluh juta rupiah). Bahwa Api tidak merembet/menyebar ke rumah warga disekitarnya dikarenakan rumah milik Bpk. Frans Sokoy terpisah dengan rumah warga lainnya.

    Bahwa rumah tersebut dalam keadaan kosong, dimana pemilik rumah a.n Bpk. Frans Sokoy saat ini tinggal di Sentani, Kabupaten Jayapura dan hanya terkadang dihuni oleh Sdri. Frida Sokoy, namun tidak menetap. Menurut penyampaian dari warga sekitar bahwa Sdr. Frendy Sokoy (Anak Bpk. Frendy Sokoy) sedikit mengalami gangguan jiwa sehingga seringkali melakukan keributan didalam keluarga tersebut dan saat ini Ybs telah diamankan di Polsek Abepura. (Tim)

    No comments