• Breaking News

    Kegiatan Festival Aster Kebangsaan, Merajut Kebersamaan Masyarakat Pemda dan TNI - Polri dalam Menjaga Keutuhan NKRI



    Havia world | Papua | Banyak hal yang membuat masyarakat Papua tetap cinta NKRI, Seperti kegiatan yang satu ini (21/9) pukul 08.30 s.d 12.30 WIT di Lapangan Hoky, Jln Yos Sudarso Kelurahan Kampung Baru Distrik Sorong Kota, Kota Sorong, Prov Papua Barat, berlangsung Kegiatan Festival Aster Kebangsaan.

    Aura kegembiraan terlihat disana

    Kegiatan ini adalah Merajut Kebersamaan Masyarakat Pemda dan TNI - POLRI Dalam menjaga keutuhan NKRI yang dipimpin oleh Drs. Dominggus Mandacan (Gubernur Papua Barat) dan diikuti sekitar 2000 orang.
    Kata Sambutan 

    Terlihat disana kehadiran, 1 SSk Gabungan TNI -POLRI, 1 SSK Masyarakat Wil Distrik Sorong Barat, 1 SSK Masyarakat Wil Sorong Timur, 1SSK Wil Sorong Kepulauan, 1 SSK bendera Brimob Nusantara.

    Drs. Dominggus Mandacan (Gubernur Papua Barat ), Brigjen Pol Herry Rudolf Nahak (Kapolda Papua Barat), Laksamana Pertama TNI Dadi Hartanto (KS. Armada III), Brigjend TNI (Mar) Suaf Yanu Hardani (Danlantamal XIV Sorong), Drs Ec Lambert Jitmau, MM (Walikota Sorong), Kolonel Mar Soeharijadi (Wadan Pasmar 3), Kombes Pol Roy H. M. Sihombing, S.IK (Dir Pol Airud Polda PB), Kolonel Inf Luhut Bernadus Sidabariba ,S.IP (Kasiter Korem 181/Pvt), Letkol Inf Budiman, SE, M. I.Pol. (Dandim 1802/Sorong ), Letkol Inf Doddy Yudha.S.IP, M.Tr(Han) Danyon 752/VYS, AKBP Mario crhristy P. S Sirigar S.I.K , MH ( Kapolresta Sorong ), AKBP Ari Nyoto Setiawan (Dansat Brimob Den B pelopor), AKBP Dewa Made Sidan Sutrahna,S.I.K ( Kapolres Kab Sorong), H. Masduki, SH (Ketua Pengadilan Negeri Sorong), Sunarko (Kepala Baasarnas Sorong), Daniel Jitmau, SH, MM (Kepala Satpol PP Kota Sorong), Seluruh Masyarakat Kota dan Kab Sorong.

    Semua menari bersama

    Pada Pukul 08.34 WIT Laporan ketua Panitia, dilanjutkan dengan acara Doa kemudian Pembacaan Ikrar kebangsaan yang isinya

    Kami yang hadir disini secara bersamasama menyatakan

    1. Mengakui bahwa Pancasila dan Undang-undang Dasar 1945 sebagai Dasar Negara.

    2. Menjadikan Bhineka Tunggal Ika sebagai pemersatu bangsa.

    3. Saling menerima keanekaragamn dan perbedaan sebagai anugerah yang Maha Kuasa;

    4. Menjunjung tinggi persamaan martabat diantara sesama.

    5. Kami “siap merajut kasih” dalam Bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia.


    Kemudian Pukul 08.44 WIT Sambutan Gubernur Papua Barat

    "Kita adalah bangsa yang hebat, karena memiliki suku bangsa yang beragam dan juga karena memiliki kekayaan budaya yang bernilai tinggi sehingga budaya tersebut harus selalu kita lestarikan"

    Beliau juga mengatakan Sangat senang melihat masyarakat khususnya anak-anak muda yang ada di Kota Sorong yang begitu bersemangat dengan penuh warna-warni hadir mengikuti Festival Aster Kebangsaan ini, hal ini menandakan bahwa kebhinekaan adalah pemersatu kita semua.

    "Berharap kita semua saling memiliki kesadaran berbangsa dan bertanah air menuju masa depan yang lebih baik, melalui ajang lomba ini berarti turut pula melestarikan budaya lokal sehingga karakter suku bangsa selalu terjaga", sambung beliau

    Beliau mengajak para hadirin Mari berlomba junjung sportivitas, tumbuhkan semangat dan dengan menari bersama-sama akan menumbuhkan aura positif yang bermuara pada pribadi-pribadi kita semua dalam menjunjung dan melestarikan nilai-nilai luhur budaya kita.

    "Kita semua harus selalu bergandeng tangan, saling teposeliro dan selalu hidup rukun dan damai dilingkungan masing-masing sehingga meskipun berbeda-beda namun tetap satu didalam bingkai negara kesatuan republik indonesia", jelas beliau pada sambutannya.

    Dan tak lupa Gubernur Papua Barat ini mengapresiasi kepada seluruh pihak terutama panitia atas dedikasi dan upayanya sehingga kegiatan ini dapat terselenggara.

    "Terima kasih TNI, Terima kasih POLRI, Terima kasih MASYARAKAT", ujarnya

    Dengan berakhirnya sambutan dari pimpinan Papua Barat ini, Gubernur menyatakan festival aster kebangsaan dibuka.

    "Semoga apa yang kita upayakan hari ini dapat bermanfaat bagi masyarakat, Bangsa Dan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang kita cintai bersama", tutupnya.

    Acara pertama adalah Perlombaan Tarian Tradisional lalu Pengumuman dan penyerahan hadiah lomba pemenang Flobamora.

    Pemenang lomba Juara 1 dari Brimob Yon B pelopor Sorong, Juara 2 dari Brimob Nusantara Gorontalo, Juara 3 Pasmar 3, Juara 4 kodim1802/Sorong.

    Bergerak bersama demi Papua 

    Pukul 12.08 WIT Pengumuman dan penyerahan hadiah lomba Aster dari jumlah peserta sebanyak 41 kelurahan se Kota Sorong dengan pemenangnya, Juara 1 Kelurahan Klasur, Juara 2 Kelurahan Klamana, Juara 3 dari kelurahan Puncak Cendrawasih, Juara 4 kelurahan Soff

    Kegiatan itu juga yang berakhirnya acara hari ini. (Red)


    No comments