• Breaking News

    Program Kali Bersih Kabupaten Buleleng 2022

     


    HAVIA WORLD ● BALI |  Menindaklanjuti Undang-undang Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengolahan Lingkungan Hidup, Keputusan Menteri Negara Lingkungan dan Surat Keputusan Bupati Buleleng Nomor 123 Tahun 2022 tentang Tim Pembina Program Kali bersih Kabupaten Buleleng.



    Maka telah dilaksnakannya Kegiatan Sosialisasi Tim Pembina program  Kali bersih (Prokasih), Kabupaten Buleleng tahun 2022, di Ruang Rapat Kantor Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Jl.Srimadya, Kelurahan Banyuning, Kecamatan Buleleng, Kabupaten Buleleng. Selasa (15/3/2022) pagi. Yang di pimpin langsung oleh Kadis DLH Kabupaten Buleleng, Gede Melandrat, Sp.

    Kegiatan Sosialisasi tersebut di hadiri oleh, Dandim 1609/Buleleng, diwakili PJS Pasi Terdim 1609/Buleleng (Letda Inf I Made Arsa), Kapolres Buleleng diwakili Kabag SDM Polres Buleleng (AKBP I Nyoman Sumarajaya, SH), Kalaksa BPBD Kab. Buleleng diwakili Staf (Yudistira), Kadis PUTR Kab. Buleleng diwakili Staf (Artihku Giri),  Kadis Kominfosanti Buleleng diwakili oleh Staf (Ketut Artaya), Kadis Dukcapil Kab. Buleleng (Nyoman Rediana), Para Kasi DLH Kab. Buleleng, Bati Komsos Terdiam 1609/Buleleng (Peltu Ketut Ardika),.

    Gede Melandrat, Sp."Program ini merupakan kualitas air bagaiamana air bersih yang mana dalam kegiatan ini kami bekerjasama Stekholder terkait dengan program yang akan kami laksanakan, untuk kelestarian dari Sungai yang berapa di wilayah Kabupaten Buleleng dimana pengendalaian pencemaran Sungai, guna meningkatkan kualitas Air yang peruntukanya sesuai dengan kebutuhan, karena Air merupakan sumber dari kehidupan," ucapnya.

    Dalam kegiatan yang kami laksanakan seperti bersih-bersih sampah di alairan sungai, kami ingin schedule terkait kegiatan bersih-bersih sampah di sungai yang pelaksanaanya sebulan sekali, dan kami ingin dari Stekholder terkait memberikan sosialisasi terhadap warga agar peduli dengan kebersihan air sungai wilayah kabupaten Buleleng, dan memberikan contoh kepada Warga Masyarakat Buleleng. Prokasih merupakan program kerja pengendalian pencemaran air sungai untuk meningkatkan kualitas air sungai agar berfungsi sesuai peruntukannya Karena kriteria sungai bersih yang sesungguhnya adalah  Tidak ada sampah di sungai, Aliran sungai tidak tersumbat, Sungai tersebut dihuni mikro organisme," ujarnya.

    Asas Pelaksanaan Prokasih berasaskan pelestarian fungsi lingkungan perairan sungal untuk menunjang pembangunan yang berkelanjutan peningkatan kesejahteraan manusia. 

    Adapun tujuan pelaksanaan Tercapainya kualitas air sungai yang baik, sehingga dapat meningkatkan fungsi sungai dalam menunjang pembangunan yang berkelanjutan. 

    Terciptanya sistem kelembagaan yang mampu melaksanakan pengendalian pencemaran air secara efektif dan efisien. Terwujudnya kesadaran dan tanggung jawab masyarakat dalam pengendalaian pencemaran air,  Sasaran  pelaksanaan Prokasih, meningkatnya kualitas air sungai pada setiap ruas sungai Prokasih sampai minimal memenuhi baku mutu air yang sesuai dengan peruntukannya, menurunnya beban limbah dari tiap sumber pencemar, sampai minimal memenuhi baku mutu limbah cair, Menguatnya sistem kelembagaan dalam pelaksanaan Prokasih. 

    Dan tugas dari Pembina program Kali bersih adalah,  Mengkoordinasikan serta membina masyarakat untuk tidak membuang limbah padat dan cair ke sungai, memberikan pembinaan tentang kebersihan dan penataan sungai ,bertanggung jawab dan melaporkan pelaksanaan tugasnya kepada Bupati Buleleng melalui Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Buleleng,"jelasnya.

    Jadi kesimpulan Program Kali Bersih atau lebih dikenal sebagai Prokasihmerupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh Kementrian Lingkungan Hidup (KLH) untuk mengendali, memperbaiki pencemaran air sungai yang sudah terjadi dan meningkatkan kualitas air sungai agar berfungsi sesuai peruntukannya," ucapnya.

    Penyampaian Kabag SDM Polres Buleleng (AKBP I Nyoman Sumarajaya, SH) , bagaimana Kesepakatan kita dalam ikut Andil dalam kegiatan Bersih sampah yang di sungai, kami sangat mendukung dalam kegiatan ini dan kami akan sampaikan ke pimpinan kami terkait dengan sampah yang berada di sepanjang aliran sungai yang bisa berdamapak pada banjir di wilayah itu sendiri dan kalau menurut saya yang memberikan contoh kepada warga masyarakat seharusnya dari pihak kita," jelasnya. 

    PJS Pasi Terdim 1609/Buleleng (Letda Inf I Made Arsa) ,  Kami sangat senang bisa hadir dalam kegiatan ini, kami dari kodim siap membantu, dalam kegiatan apapun yang akan dilaksanakan seperti penanaman pohon, bersih sampah dan yang lainnya, demi membangun Buleleng yang bersih, asri dan Program kali bersih yang akan dilaksanakan oleh Dinas DLH Kab. Buleleng,"katanya 

    Kami sangat mengapreasi dengan kegiatan yang sudah berjalan/dilaksanakan oleh DLH Kab Buleleng, sehingga Kali yang berada di wilayah Buleleng sudah mulai bersih, dan kami ingin menyampaiakan kedepan dalam kegiatan bukannya di hilir saja tetapi kami ingin menyarankan kegiatan Normalisasi Sungai yang berada di hulu,"jelas PU Kabupaten Buleleng. (Tim/Mga)

    No comments