• Breaking News

    Aroma Pariwisata Bali bakal pulih, Romanica Anggela terpilih menjadi ketua IHGMA Tabanan

     

    Ira Setiawan (kiri) Sekretaris DPC IHGMA Tabanan, Karyaningtyas (wakil ketua), Anggela Wizz (Ketua), Gutawa (Bendahara)

    HAVIA WORLD | BALI | Jimbaran - Optimis terhadap kepulihan pariwisata Bali yang selama ini tidur akibat pandemi covid-19, Indonesian Hotel General Manager Assosiation (IHGMA) Bali menggelar acara akhir tahun. Ini bisa dikatakan merupakan upaya dari komponen pariwisata untuk membangkitkan diri dari keterpurukan pariwisata selama ini.

    Acara ini juga dirangkai dengan acara pengukuhan jajaran pengurus meresmikan DPC IHGMA Badung dan Tabanan, di Royal Tulip Springhill Resort Jimbaran, Jumat (26/11/2021). Acara tersebut dihadiri oleh Ir. I Putu Astawa, M.MA., dan dihadiri juga oleh Tjok Bagus Pemayun, A.Par., MM., selaku plt Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bali, serta organisasi pendukung pariwisata lainnya.


    Pengurus DPC IHGMA Tabanan bersama I Putu Astawa


    Ditemui saat akhir acara Romanica Anggela Intanisari yang ditunjuk menjadi Ketua DPC IHGMA Kabupaten Tabanan, mengungkapkan rasa syukurnya diberikan kepercayaan untuk mengemban tugas untuk wilayah kabupaten Tabanan.

    "Puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas hari ini, pertama mungkin kita akan menyatupadukan semua aspek yang kita punya di Tabanan. Dengan tetap menggandeng media sebagai media pathner kami, agen-agen pariwisata dan mengadakan acara mingguan atau bulanan yang melibatkan hotel-hotel yang ada di wilayah Tabanan, "jelasnya, Jumat (26/11/2021), di lobby Royal Tulip Springhill Resort Jimbaran.

    Ia juga menambahkan, kolaborasi antara Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Kabupaten Tabanan yang juga dipundaknya dengan jabatan barunya ketua DPC IHGMA Kabupaten Tabanan akan dia lakukan.

    Bahkan di bulan Januari mendatang dirinya mengatakan akan membuat acara semacam ini di kabupaten Tabanan. "Kita akan mengundang pusat ke daerah agar mereka memahami apa yang ada di Tabanan nantinya sebagai potensi pariwisata, searah dengan keinginan bupati Tabanan untuk menggabungkan potensi pertanian dan pariwisata bisa diwujudkan nantinya, "jelas Anggela yang banyak mengurus Villa di wilayah Nusa lembongan dan Nusa penida ini.

    Aam Tribina Karyaningtyas selaku wakil ketua DPC IHGMA kabupaten Tabanan menuturkan hal yang senada, bahwa potensi pariwisata Tabanan unik dan tidak dimiliki oleh kabupaten lain. "Sinergi pariwisata yang mendukung pertanian dan industri lainnya yang belum tergali sangat penting untuk ditingkatkan, jadi tugas kami juga untuk membangkitkan kesadaran diri bagi semua komponen pariwisata yang ada di dalam masyarakat Tabanan, "sebutnya.

    Ira Setiawan selaku sekretaris DPC IHGMA kabupaten Tabanan terpilih, yang sempat diwawancara awak media gatra dewata, mengungkapkan sedikit keprihatinannya terhadap pertanian di wilayah Bedugul, Tabanan.

    "Saat pandemi ini memang disisi pertanian agak sedikit menurun, penyerapan terhadap pasar pariwisata memang menurun, "jelasnya.

    Upaya untuk membantu mereka secara promosi dengan menggerakan sektor UMKM masyarakat sekitar akan dia lakukan kedepannya. Sedikit salah pengertian terhadap apa yang dikelolanya (Strawberry Hill Hotel), bahwa itu bukan merupakan agrowisata kebun strawberry seperti namanya, melainkan tempat menginap yang memiliki sedikit kebun Strawberry yang dapat dipetik oleh tamu yang berkunjung.

    "Tabanan dari pandangan saya pribadi belum terlalu hidup, kita kedepannya ingin mensinergikan mengkoneksikan semua pimpinan, para manajer, para GM, bagaimana untuk menghidupkan Tabanan, "pungkasnya. (Ray)

    No comments