• Breaking News

    Polisi tembaki unjuk rasa tolak Otsus jilid II

     

    Aparat menindak tegas aksi unjuk rasa

    HAVIA WORLD|PAPUA|Pada hari Selasa tanggal 27 Oktober 2020 pukul 08.00 WIT di Gapura Uncen Bawah Jl. Raya Abepura - Sentani telah berlangsung aksi unjuk rasa oleh Mahasiswa dan Rakyat Papua dalam rangka menolak Otsus Jilid II dengan Koordinator Lapangan Apedo Mote (Mahasiswa Uncen) dan diikuti sekitar 12 orang.

    Kronologis yang terjadi pada Pukul 07.55 WIT sekitar 10 orang mahasiswa tiba di Gapura Uncen Bawah kemudian menyampaikan orasi dengan menggunakan 1 buah pengeras suara. Lalu berlanjut pada pukul Pukul 08.00 WIT dilakukan mediasi antara oleh Kapolsek Abepura AKP Clief Duwith dan Danramil Abepura Kapten Inf Rumbiak, masa aksi dan Dekan FKIP Uncen Nomansen Mambraku dengan kesepakatan silahkan menyampaikan aspirasi waktu diberikan selama 10 menit. Apabila masa aksi masih melakukan aksi maka pihak keamanan akan menindak tegas. 

    "Hari ini kita melakukan aksi yang aman, kita bersama pengamanan melakukan aksi damai.Dari Kampus ini kita mulai dari Kampus ini kita mulai bergerak maka dari itu kita hadir disini dalam rangka menolak Otsus Jilid II, "terang salah satu mahasiswa.

    Dan juga mereka meminta tanggapan MRP terkait UU Nomor 21 Tahun 2001 tentang Otonomi Khusus bagi Papua yang dirasa tidak diterapkan dengan baik selama penyelenggaraan Otsus di Papua maka dari itu kita tolak keberlanjutan Otsus Papua. 

    Pukul 08.49 WIT dilakukan penindakan oleh pihak Kepolisian, masa diamankan ke Polsek Abepura. Pukul 08.56 WIT sebanyak 13 masa aksi diamankan di Polsek Abepura. Adapun identitas masa yang diamankan sebagai berikut, 

    1) Nama: Apedo Mote, asal Kampus: Uncen, alamat: Asrama Paniai, (Koordinator Lapangan)

    2) Nama: Ones Sana, asal Kampus: Uncen, alamat: Padang Bulan

    3) Nama: Alloisus Utti, asal Kampus: Uncen, alamat: Uncen Atas

    4) Nama: Meriko Kabak, asal Kampus: Akparis, alamat: Padang Bulan

    5) Nama: Tinus Douw, asal Kampus: Uncen, alamat: Organda

    6) Nama: John Tebai, asal Kampus: Uncen, alamat: Padang Bulan

    7) Nama: Roni Heluka, asal Kampus: Uncen, alamat: FISIP

    8) Nama: Oge Kabak, asal Kampus: Uncen, FKIP

    9) Nama: Ras Was, asal Kampus: Uncen Fisip

    10) Nama: Labanus Haluk, asal Kampus: Uncen Hukum

    11) Nama: Jance Siep, asal Kampus: Uncen Teknik

    12) Nama: Lukas Degei, asal Kampus: Uncen Teknik, alamat: Perumnas III

    13) Nama: Frenki Degei, asal Kampus: Uncen, alamat: Kotaraja Dalam

    Sampai saat ini masa aksi masih diamankan di Polsek Abepura agar tidak kembali melakukan aksi. 

    Dekan FKIP Uncen Nomansen Mambraku menyampaikan bahwa saat ini pihak Kampus tidak memperbolehkan para mahasiswa melakukan aksi, dan dari pihak Kampus akan melakukan koordinasi dengan pihak keamanan dan melakukan pemantauan terhadap para mahasiswa. (tim)

    No comments