• Breaking News

    16 RIBU JIWA LEBIH TERDAMPAK BANJIR DI KUTAI KARTANEGARA

    foto ilustrasi Banjir, sumber foto Googles

    HAVIA WORLD | KALIMANTAN TIMUR | Dilansir CNN Indonesia, Intensitas dan curah hujan yang tinggi mengakibatkan banjir melanda dua kecamatan, yaitu Tenggarong terdiri dari 11 kelurahan/desa terdampak dan Tenggarong Sebrang dengan 7 desa terdampak dan menyebabkan terjadi longsor di 10 titik. kerugian yang diperkirakan masih didata, sementara yang dilaporkan adalah satu rumah rusak berat, tiga rumah rusak ringan dan satu tempat ibadah rusak ringan.   

    Kepala Pusat Data, Informasi, dan Hubungan Masyarakat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho mengatakan sebanyak 5.386 kepala keluarga atau 16.385 jiwa terdampak banjir di Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Mereka tersebar di sejumlah kelurahan dan desa di Kutai Kartanegara.

    "Jumlah warga terdampak banjir per tanggal 11 Juni 2019, 5.386 KK atau 16.385 jiwa," kata Sutopo dikutip CNN Indonesia pada rabu (12/6). 

    Beliau menjelaskan bahwa banjir terjadi akibat intensitas dan curah hujan tinggi yang mengguyur Kutai Kartanegara dan wilayah sekitarnya sejak Sabtu (8/6) pukul 20.00 Wita hingga Minggu (9/6) pukul 05.00 Wita dan disampaikan tidak ada korban jiwa maupun pengungsi karena masyarakat memilih tinggal di rumah keluarga terdekat dan saat ini mereka juga sudah kembali ke rumahnya masing-masing untuk membersihkan sisa material yang diakibatkan oleh banjir tersebut.

    Drainase yang buruk juga penyebab banjir, longsor yang menyebabkan air hujan meluap ke rumah-rumah warga, secara umum sampai dengan Selasa (11/6) banjir sudah mulai surut dan kondisi masyarakat sudah berangsur normal. Cuaca secara umum masih mendung dan turun hujan ringan hingga sedang. "Beberapa rumah warga juga ada yang dibangun di lereng bukit sehingga tertimbun longsor dan terancam longsor, kebutuhan yang mendesak adalah alat berat untuk membersihkan material longsor, alat kebersihan dan terpal," tutup Sutopo

    No comments