• Breaking News

    PENYERANGAN SEKELOMPOK MASYARAKAT DI MAPOLRES YAHUKIMO



    Havia world | Papua | Pada hari Rabu tanggal 18 Desember 2019 sekitar pukul 11.23 Wit, bertempat di Mapolres Yahukimo telah terjadi penyerangan dan penganiayaan terhadap anggota Polres Yahukimo, anggota Brimob Polda Riau dan masyarakat pendatang.

    Didapati identitas korban sebagai berikut,
    1. Nama: Bripda Agustinus Nabu
    Umur: 19 tahun
    Agama: katolik
    Pekerjaan: Polri (Polres Yahukimo)

    2. Nama: Hendra Saut Sibarani
    Umur: 30 tahun
    Agama: Kristen
    Pekerjaan: Polri ( Anggota Ton 2 Kie 1 Ops Aman Nusa I Brimob Polda Riau BKO Polda Papua)

    3. Nama: Nikolaus Ribo Situr
    Umur: 31 tahun
    Agama: kristen
    Alamat: komplek Pemda


    Kronologis yang diketahui adalah, Sekitar pukul 11.20 Wit, saat itu anggota yang sedang melaksanakan piket Penjagaan di Mapolres Yahukimo sedang menyelesaiakan masalah kesalah pahaman antara Camat Distrik Lolat dengan masyarakat lolat (pak guru).

    Sekitar pukul 11.27 Wit, pada saat itu penyelesaian sedang berjalan dan seketika itu masyarakat di penjagaan sedang kecing di samping penjagaan Mapolres Yahukimo dan seketika itu datang salah satu anggota Penjagaan atas nama Bernard Jek langsung menegur dan seketika itu langsung memukul korban sehingga korban mengalami luka pada bagian hidung berdarah.

    Setelah itu kemudian korban memberitahukan kepada anggota yang jaga KSPKT Bripka Toniwi Pareme bahwa dirinya telah dipukul oleh salah satu anggota dan kemudian masyarakat disekitar penjagaan dan yang dipingir Jalan langsung menyerang penjagan Mapolres Yahukimo.

    Kemudian anggota Penjagaan berusaha untuk melerai kejadian tersebut dan seketika itu masyarakat yang berada disekitar itu langsung memukul KSPKT Bripka Toniwi Pareme dan melempari anggota yang lain dengan menggunakan batu.



    Setelah kejadian tersebut terjadi, kemudian anggota yang berada di Mapolres Yahukimo langsung menuju Penjagaan SPKT untuk melerai masyarakat yang ribut tersebut dan seketika itu anggota langsung menyuruh masyarakat untuk pulang kembali menuju rumah masing-masing.

    Pada saat setelah terjadinya pengeroyokan yang dilakukan oleh sekelompok masyarakat terhadap anggota, kemudian anggota berusaha mencari pelaku yang telah memukul dan melempari anggota tersebut namun pada saat itu anggota Polres Yahukimo yang melakukan pencarian, mendapat serangan dari masyarakat yang berada di seputaran pasar lama dan seketika itu anggota langsung mengeluarkan tembakan peringatan ke arah udara.


    Pada saat itu juga kemudian masyarakat yang tidak terima dengan kejadian tersebut langsung membabi buta dan masyarakat yang berada di Jalan Jalur 1 pemukiman, kemudian masyarakat juga melakukan pembakaran dua (2) unit kendaraan masyarakat pendatang yang sedang lewat di jalan seputaran Kompleks Ruko Blok B.

    Pukul 12.30 Wit personil Brimob Polda Riau atas nama Brigadir Hendra Saut Sibarani melewati Pemukiman Jalur 1 hendak ke arah Pos Mesjid At-Taqwa di aniaya oleh sekelompok masyarakat di depan toko Cahaya Yahukimo.

    Sekitar pukul 12.35 Wit, anggota yang berada di lokasi kemudian langsung memukul mundur masyarakat yang berada di seputaran Perempatan pasar baru.

    Sekitar pukul 12.50 Wit, anggota Brimob Polda Riau yang mengalami pengeroyokan kemudian di bawa ke RSUD Dekai dengan menggunkan mobil Patroli Polsek Kota untuk mendapatkan pertolongan dari pihak medis

    Pukul 14.20 Wit, informasi yang diperoleh dari RSUD Dekai bahwa Korban Brigpol Hendra Saut Sibarani anggota BKO Brimob Polda Riau BKO Polres Yahukimo dinyatakan meninggal Dunia (MD) oleh pihak RSUD Dekai.



    Akibat dari kejadian tersebut sebanyak dua (2) unit kendaraan roda dua milik masyarakat pendatang yang telah dibakar oleh masyarkat asli Yahukimo dan sebanyak 2 anggota yang terdiri dari 1 anggota Polres Yahukimo atas nama Bripda Nabu mengalami luka pada bagian telinga sebelah kanan akibat dari terkena lemparan batu dari masyarakat, sedangkan satu anggota BKO Brimob Polda Riau meninggal Dunia (MD) Pos Masjid At-Taqwa Dekai Yahukimo. (Red)

    No comments