• Breaking News

    Putu Ngurah Gorde, Diabadikan Di Taman Makam Pahlawan Pancaka Tirtha

     

    Bersama keluarga Almarhum

    SINGARAJA - Berita duka terdengar dari salah satu putra terbaik bangsa yang lahir di Singaraja pada tanggal 3 Mei 1930, telah berpulang tanggal 6 Juli 2022 dalam usia  92 tahun 2 bulan. Almarhum Putu Ngurah Gorde semasa hidupnya, beliau mengenyam pendidikan terakhir di Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, Jakarta dan berkarir/mengabdikan diri sebagai Pegawai Negeri Sipil (ASN-sekarang_Red) dalam bidang kesehatan dan kesejahteraan keluarga hingga pensiun/purna tugas sebagai Kepala BKKBN Provinsi Bali pada tahun 1990.


    Sebagai umat Hindu, upakara ngaben ngelanus untuk almarhum telah dilaksanakan di Mumbul pada 11 Juli 2022, sampai dengan upakara nyekah, dan nyegara gunung. Kemudian dilanjutkan dengan upakara ngelinggihan dan ngingkup di Pemerajan Arya Kenuruhan Brangsinga di Desa Tangguwisia Seririt Singaraja.

    Mengingat pada masa lalu, beliau yang merupakan salah satu veteran dan pejuang telah menjalani revolusi fisik, sehingga Pemerintah Republik Indonesia telah memberikan penghargaan tanda jasa pahlawan, yaitu dari Presiden RI (Nomor : 67882, tanggal 10 Nov. 1958) atas jasanya di dalam perjuangan Gerilya membela kemerdekaan Negara RI, serta dari Menhankam/Pangab berupa Surat Keputusan tentang pengakuan/pengesahan/penganugrahan gelar kehormatan Veteran Pejuang Kemerdekaan RI (Golongan A, Nomor Skep/860/VII/1982, tanggal 31 Juli 1982).

    Atas jasa-jasa beliau itu, maka pada hari ini Senin 29 Agustus 2022, nama almarhum Putu Ngurah Gorde diabadikan di TMP/Taman Makam Pahlawan Pancaka Tirta Tabanan Bali.

    Almarhum meninggalkan 8 orang anak, 10 cucu, dan 5 cicit, dimana istri almarhum telah berpulang pada tahun 2005 yang lalu.

    "Atas nama keluarga almarhum, pada kesempatan ini kami menghaturkan ucapan terima kasih serta apresiasi yang setinggi tingginya kepada Negara/ Pemerintah RI atas penghargaan yang diberikan kepada almarhum, " ungkap Ngurah Pariatna selaku keluarga, Senin (29/08/2022). (Tim)                  

    No comments