• Breaking News

    Potensi desa Taman, Kabupaten Badung, pertanian, perkebunan dan peternakan

    I Gusti Made Sudarpa, Perbekel Desa Taman, Kecamatan Abiansemal, Kabupaten Badung

    HAVIA WORLD | BALI | Kebanyakan masyarakat Desa Taman bergerak di bidang pertanian, cuma masalah umum yang terjadi pada.setiap musim panen harga gabah anjlok karena dibeli oleh tengkulak.

    " Lemahnya pemasaran membuat petani merugi, untuk mengatasi hal tersebut kami berusaha mencari jalan keluar dengan memberdayakan Bumdes yang ada di desa " ucap perbekel Desa Taman,  I Gst. Made Sudarpa dikantornya Senin 29/03/2021.

    Lebih lanjut dijelaskan Bumdes akan membeli beras dari petani dan membantu pemasaranya paling tidak untuk konsumsi masyarakat melalui warung - warung yang ada di desa.

    Kami juga akan menghimbau warga agar membeli dan menkonsumsi apa yang berasal dari masyarakat sendiri . Seperti hasil pertanian , perkebunan, peternakan. Kalau memang produksi masyarakat melebihi dari jumlah konsumsi baru dijual keluar desa Taman

    Begitu pula disektor perkebunan desa Taman terkenal dengan buah manggis, nangka, durian, kelapa cuma itu sifatnya musiman. Dari pemasaranya Bumdes akan membantu paling tidak dilingkup desa sendiri.

    Sektor peternakan masyarakat sudah dari dahulu memelihara ternak sapi, babi dan sekarang yang ttend ayam buras dalam jumlah banyak di kelola oleh kelompok peternakan. (Yut)

    No comments