• Breaking News

    Fasilitasi Belajar Online, Desa Pasirharjo Inisiasi Gerakan Sedekah WiFi

    Kepala Desa Pasirharjo

    Mengakomodasi Kebutuhan Belajar Online Siswa Yang Tidak Memiliki Akses Internet

    HAVIA WORLD | JAWA TIMUR |Sistem belajar online yang diberlakukan pemerintah dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19 di kalangan pelajar sekolah menuai banyak kisah terkait perjuangan menuntut ilmu ditengah segala keterbatasan teknologi dan biaya.

    Mengakomodasi kebutuhan warga desa yang berkeluh kesah terkait program belajar mengajar online yang membutuhkan banyak sumberdaya ditengah keterbatasan yang dimiliki, pemerintah Desa Pasirharjo Kecamatan Talun berinisiatif untuk mengadakan gerakan Sedekah WiFi.

    Kepala Desa Pasirharjo Chusana Churori meninjau pelaksanaan program Sedekah WiFi

    Gerakan Sedekah WiFi bertujuan untuk memberdayakan semangat gotong royong antar warga desa yang memiliki akses internet untuk dapat membantu kegiatan belajar mengajar para murid dengan berbagi akses WiFi untuk keperluan belajar para murid dengan pengawasan dari para pendamping.

    Menurut Kepala Desa Pasirharjo, Chusana Churori, SH, program ini merupakan inisiatif pihaknya agar para anak usia sekolah yang terkendala koneksi internet di desanya dapat belajar dengan nyaman berkat dukungan banyak warga yang bersedia berbagi koneksi WiFi untuk kegiatan belajar mengajar.

    “Pada awalnya kami sekedar mengajak warga untuk saling gotong royong dalam mengakomodasi kebutuhan siswa sekolah yang belajar secara online dan terkendala akses internet. Kami himbau kalau berbagi tidak melulu berupa materi tapi bisa dari hal sederhana seperti ini yang ternyata mendapat respon cukup besar dari masyarakat yang kemudian sukarela mengajukan tempatnya untuk menjadi lokasi belajar online,” jelas pria yang sudah Desa Pasirharjo selama dua periode ini.
    Agar program ini berjalan sesuai dengan tujuan, pihaknya mengajak warga yang dapat berpartisipasi menyediakan fasilitas WiFi terbuka bagi siswa yang ingin belajar berkelompok dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Bahkan juga pihak guru dari sekolah yang lokasinya berada di Desa Pasirharjo pun langsung datang ke lokasi dan memberikan pendampingan belajar kepada para muridnya agar tetap dapat mengikuti pelajaran dengan nyaman.
    Program Sedekah WiFi di Desa Pasirharjo kini telah menjangkau 12 spot dimana juga sekaligus 3 poskamling yang menjadi titik pembelajaran online bagi para murid yang melaksanakan kegiatan belajar bersama. Jumlah ini diperkirakan dapat bertambah dikarenakan juga mendapat perhatian dari provider WiFi swasta yang turut berdonasi menambah kapasitas bandwidth di lokasi Balai Desa Pasirharjo sebagai titik perdana sekaligus sentra layanan informasi warga Desa Pasirharjo. [the]

    No comments