• Breaking News

    1000 MASKER HASIL JAHITAN SISWA BLK DISUMBANGKAN KE SATGAS COVID

    Kadisnaker serahkan 1000 masker

    HAVIA WORLD | BALI | Bupati Karangasem menegaskan kepada masyarakat agar beraktivitas diluar rumah harus selalu menggunakan masker, karena masker dinilai efektif dalam mencegah penyebaran Virus COVID-19, di wilayah Karangasem. Tetapi langkanya masker karena ditimbun oleh oknum yang ingin untung besar, membuat ketersediaan di pasaran sedikit dan mengakibatkan harga masker yang tinggi. Kondisi inilah yang membuat masyarakat khususnya Karangasem enggan menggunakan pengaman yang merupakan salah satu pengaman diri terhadap penyebaran COVID-19 ini.

    Karena kondisi seperti itu, Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Karangasem, I Nyoman Suradnya S.Sos., M.AP, berinisiatif untuk menggerakkan siswa Balai Latihan Kerja angkatan 2020 Program Pendidikan Menjahit untuk memproduksi masker dengan  memanfaatkan waktu setelah jam belajar  dan bahan kain yang tersisa. Dan hari ini 1000 masker berhasil digarap dan seluruhnya disumbangkan melalui Satgas Covid Karangasem yang diterima secara langsung oleh KaSatgas, Made Darmawa di Gedung BPBD Karangasem, Posko Penanggulangan Covid - 19.

    "Seribu Masker ini buah karya siswa BLK Prodi Menjahit," tutur Nyoman Suradnya,"Kami sumbangkan untuk dapat disalurkan kepada masyarakat Karangasem yang membutuhkan. Untuk distribusinya kami serahkan sepenuhnya kepada Satgas Covid-19 Kabupaten."

    Suradnya paparkan bahwa 1000 masker tersebut dikerjakan oleh 15 siswa dengan peralatan jahit yang dimiliki oleh BLK. Pengerjaan dilakukan usai jam pelajaran sehingga dibutuhkan waktu sekitar 1 minggu untuk dapat menghasilkan 1000 lembar masker kain tersebut.

    Kadisnaker sampaikan bahwa ia pun sudah menghubungi lulusan kelas menjahit angkatan sebelumnya, jika dibutuhkan untuk memproduksi lebih banyak lagi masker kain.

    "Kendala kami saat ini adalah bahan baku berupa kain, kami siap menyediakan tenaga kerja asalkan tersedia bahan kainnya, untuk memproduksi lebih dari 1000 per minggu atau minimal 200 lembar perhari kami siapkan selain para siswa juaga alumni angkatan tahun sebelumnya akan kami berdayakan," papar Suradnya bersemangat

    Bupati Karangasem menuturkan bahwa apapun bentik uluran tangan dari berbagai pihak dalam membantu Pemerintah Kabupaten menangani penyebaran Virus Corona di Karangasem sangat dibutuhkan.

    "Saya percaya dengan kita mempererat jalinan kerja sama, bahu membahu, saling membantu, kita dapat melewati krisis ini dengan baik dan mendapat restu dari Ida Sesuhunan, Astungkara." Tutup Mas Sumatri dengan doa. (Red)

    No comments