• Breaking News

    RATUSAN TNI DAN PNS TERIMA PEMYULUHAN KESIAPSIAGAAN CORONA VIRUS

    Penyuluhan kesiapsiagaan

    Havia world |Boyolali |Ratusan anggota TNI dan PNS Kodim 0724/Boyolali terima penyuluhan kesiapsiagaan menghadapi Pnemonia Virus Corona, yang dilaksanakan di Aula Makodim 0724/Boyolali Jl. Pandanaran, Tegalmulyo, Mojosongo, Kec. Boyolali, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah  oleh narasumber dr. Nasri Jalul Iman, dari Klinik Pratama Kartika 24 Boyolali. Senin (03/02).

    Dalam penyuluhannya, Corona virus adalah kumpulan virus yang bisa menginfeksi sistem pernapasan. Pada banyak kasus, virus ini hanya menyebabkan infeksi pernapasan ringan, seperti flu. Namun, virus ini juga bisa menyebabkan infeksi pernapasan berat, seperti Pneumonia, Middle-East Respiratory Syndrome (MERS), dan Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS).
    Gejala Virus Corona Infeksi virus Corona bisa menyebabkan penderitanya mengalami gejala flu, seperti hidung berair dan meler, sakit kepala, batuk, nyeri tenggorokan, dan demam, atau gejala penyakit infeksi pernapasan berat, seperti demam tinggi, batuk berdahak bahkan berdarah, sesak napas, dan nyeri dada.
    Virus ini sebenarnya telah lama ditemukan, namun pertama kalinya virus ini mulai mencuat di Wuhan, China akhir Desember lalu. Ada 3 gejala umum yang bisa menandakan seseorang terinfeksi virus Corona, yaitu demam, batuk dan sesak napas.


    Menurut penelitian, gejala infeksi virus Corona muncul dalam 2 hari sampai 2 minggu setelah paparan virus Corona. Ada dugaan bahwa virus Corona awalnya ditularkan dari hewan ke manusia. Namun, kemudian diketahui bahwa coronavirus juga menular dari manusia ke manusia.
    Seseorang dapat terinfeksi corona virus melalui berbagai cara, yaitu: tidak sengaja menghirup percikan ludah dari bersin atau batuk penderita virus corona. Memegang mulut atau hidung tanpa mencuci tangan terlebih dulu, setelah menyentuh benda yang terkena air liur penderita. Kontak jarak dekat dengan penderita, seperti bersentuhan atau berjabat tangan. Virus Corona dapat menginfeksi siapa saja, tetapi lebih berisiko menyerang orang tua, serta orang yang sedang sakit atau memiliki kekebalan tubuh lemah.


    “Segera periksa ke dokter bila Anda mengalami atau menemukan gejala virus Corona pada orang lain seperti yang disebutkan di atas, terutama jika gejala muncul 2 minggu setelah kembali dari Cina atau negara lain yang positif terinfeksi. Orang yang dicurigai terinfeksi virus Corona harus segera dirujuk ke IGD rumah sakit terdekat agar mendapat penanganan yang tepat.” Ujar dr.Nasri.
    Hadir dalam kegiatan tersebut Kasdim 0724/Boyolali Mayor Inf Handoko Setyo Budi S.E, dr. Nasri Jalul Iman , para Perwira Seksi Kodim 0724/Boyolali, para Danramil dijajaran Kodim 0724/Boyolali serta anggota militer dan PNS Kodim 0724/Boyolali.

    (Agus Kemplu)

    No comments