• Breaking News

    Upacara Peringatan Hari Olahraga Nasional Tahun 2019 dan Deklarasi Papua Damai


    Havia world | Papua | Upacara Peringatan Hari Olahraga Nasional Tahun 2019 dan Deklarasi Papua Damai, bertindak sebagai Inspektur Upacara Abdul Faris Umlati (Bupati Raja Ampat) dan Komandan Upacara Yohanis Walam (Pegawai Dispora Raja Ampat), dan diikuti sekitar 1200 orang (9/9), dilapangan Upacara kantor Bupati Raja Ampat pukul 08.05.

    Yang Menghadiri dalam kegiatan upacara tersebut adalah Manuel Puter Urbinas M.Si (Wakil Bupati Kabupaten Raja Ampat), AKBP Edy Setyanto Erning Wibowo S.IK (Kapolres Raja Ampat), Mayor inf Yuli Agus Padang (Kasdim 1805/Raja Ampat), Letda (M) Ilhas Sanjaya (Danposal Raja Ampat), DR Yusuf Salim M.Si (Setda kabupaten Raja Ampat), Muhiddin Umalelen,S.Sos Mec. dev (Asisten l Pemerintahan Setda kab. Raja Ampat), Noak komboi SH (asisten ll Setda kabupaten raja Ampat), Yulianus Mambraku (Asisten lll Setda Kabupaten Raja Ampat), Reinol Bula SE,M.Si(ketua DPRD kabupaten raja Ampat), Ibu Fausia Helka t Umlati (ketua tpkk kabupaten raja Ampat), Kompol sugeha (Kasatpol PP kabupaten raja Ampat), J.Jajali S.Sos,M.H (kadis perindag kab.raja Ampat), Muhidin Tafalas S.hut,M.Si (Kepala Inspektur Daerah Kab.Raja Ampat), Stenli Sauyai (Kabag Korpri Kabupaten Raja Ampat), Abdul Samad Wajo S.Sos (kadis pu.Kab,Raja Ampat), Frits Wanson Simanjuntak S.PI (Kadis.Pora Kabupaten Raja Ampat), Lasiman S.Sos (kadis . Perhubungan Kabupaten Raja Ampat), Marthenluther Rikardo Bertolomeus ST.M.Si (Kadis.Perikanan Kabupaten Raja Ampat), Alfred Suruan S.PT (Kepala Distrik Kota Waisai), H.Hanaping S.Ag (Imam Masjid Agung Waisai), Pdt genos burdam S.Th (ketua Klasis raja Ampat), Kristifel Padwa S.Th(ketua BPAM sinode wilayah XI), H. Abu Bakar Loji S.Ag(Ketua MUI Kabupaten Raja Ampat), Pdt Yudi Abdullah (Pdt gpdi syakinah Waisai), Para Lurah Se Distrik Kota Waisai, Para peserta upacara yang terdiri dari TNI-POLRI, ASN, Honorer dan pelajar.



    Komandan Upacara memasuki Lapangan Upacara, pada Pukul 09.43 WIT (waktu Indonesia Timur) Upacara dimulai, Pukup 09.44 WIT Inspektur upacara Memasuki lapangan upacara di lanjutkan Penghormatan Umum Kepada Inspektur upacara.

    Pengibaran Bendera Merah Putih berlangsung dengan hikmat dan di lanjutkan dengan mengheningkan cipta.

    Pembacaan Teks Pancasila Oleh Inspektur upacara yang diikuti Oleh Seluruh Peserta Upacara mengingatkan kita pada acara kenegaraan.

    Amanat Menteri Pemuda Dan Olahraga Pada Hari Olahraga Nasional Ke 36 (9/9) Yang Di Bacakan Oleh Inspektur upacara yang dimulai dengan adanya Hari ini perayakan Hari Olahraga Nasional Yang ke 36 Tahun 2019 Semoga Tuhan Yang Maha Esa Berkenang Melimpahkan Rahmat Dan Ridhonya Kepada Kita Semua.

    Tema Hari Besar Hakornas Tahun 2019 ini adalah

    "Ayo Olahraga, di Mana saja, Kapan Saja"

    Tema ini menjadi penting agar masyarakat tidak terpaku bahwa Olahraga hanya Dapat Dilakukan Di Fasilitas Olahraga Yang tersedia dan beragam saat ini.

    Pembangunan Di Dalam berolahraga adalah tidak melulu melatih Jasmani tetapi Juga Rohani, dengan Sehat Rohani Kita berarti Telah mendukung kebijakan bapak Presiden Tentang Revolusi Mental Serta SDM (Sumber Daya Manusia) Unggul Indonesia Maju.

    Selanjutnya untuk optimalisasi pemasalan dan pembudayaan olahraga sesuai instruksi presiden nomor 1 Tahun 2017 tentang gerakan masyarakat hidup sehat (germas) yang juga ditindaklanjuti dengan peraturan Menpora RI nomor 18 tahun 2017 tentang gerakan ayo olahraga kita sama-sama laksanakan gerakan olahraga secara aktif dan meluas di semua lapisan masyarakat.

    Diharapkan yang mendengarkan ini dapat dengan semangat mengajak semua lapisan masyarakat untuk melakukan olahraga secara rutin dan secara teratur baik pelajar masyarakat pekerja atau karyawan dan semua nya bahkan warga binaan yang ada di lembaga pemasyarakatan.

    "Olahraga harus menjadi kebutuhan hidup dan menjadi gaya hidup permasalahan terbesar saat ini yakni derajat kebugaran masyarakat Indonesia yang masih rendah maka dengan gerakan ayo olahraga diharapkan akan menjawab permasalahan tersebut, tegas Beliau.

    Terima kasih kepada semua insan olahraga dan masyarakat yang selama ini telah bersama-sama kami lakukan dalam upaya memajukan olahraga di Indonesia baik olahraga prestasi, olahraga pendidikan maupun olahraga rekreasi serta untuk rekan-rekan semua di KONI, KOI, NPC, FIRMI, SOUNA, BAPOPSI/BAPOMI, para atlet elit dan junior, pelatih di PPL/SKO/ Klub-klub/sekolah-sekolah, para pembina di induk organisasi cabang olahraga/PB-PB/PP-PP/Pengprov/Asprov dan lain-lain juga kepada rekan-rekan wartawan yang turut aktif mempromosikan olahraga dan yang bergabung di siwo, PWI.

    Bersamaan dengan Haornas (hari koordinasi Nasional) ini kita lakukan deklarasi damai guna menjamin kedamaian dan kerukunan antar masyarakat.

    Raja Ampat merupakan wilayah yang majemuk dan terdiri dari berbagai macam suku dan ras, Mari bersama membangun Raja Ampat dan menjaga persatuan dan kesatuan dalam nama satu keluarga Raja Ampat.

    Dan melalui peringatan haornas Kita kuat kan lagi olahraga prestasi untuk menuju pentas yang lebih besar yakni olimpiade dan pra olimpiade nanti. Jayalah Olahraga Indonesia.

    Di dengungkan juga rasa selalu cinta damai kepada sesama warga suku apapun juga serta agama apapun juga yang Syah di Indonesia.

    Saling menghormati dan menghargai kepada siapa saja yang berbeda di tanah para Raja.


    Akan selalu bergotong royong terhadap sesama.

    Menolak adanya pengerahan massa atau demo yang berujung pada perpecahan, pengrusakan, penjarahan, kekerasan dan sara.

    Mendukung dan mempercayakan pemerintah serta penegak hukum, untuk memproses hukum terhadap pelaku rasis, diskriminasi, pengrusakan, penjarahan dan tindak pidana lain.

    Tetap setia dan menjaga keutuhan dan persatuan negara kesatuan republik Indonesia.

    Selalu berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa agar wilayah Raja Ampat, Papua Barat serta Indonesia selalu aman, tertib, damai, serta sejahtera.

    Pada Pukul 10.09 WIT (waktu Indonesia timur) Pembacaan Doa Dipimpin Oleh Inspektur Upacara, dan laporan komandan upacara Kepada Inspektur upacara bahwa upacara telah Selesai, ditutup dengan penghormatan umum Pasukan Kepada Inspektur upacara, dan Inspektur upacara meninggalkan Lapangan Upacara.

    Rangkaian Upacara Hari Haornas Ke 36 Tahun 2019 pada hari ini Selesai Dalam Keadaan Aman Dan Tertib, dan juga dilakukan Penandatanganan deklarasi damai pada pukul 10:22 WIT dan dihibur oleh beberapa atraksi.

    kegiatan dilaksanakan dalam rangka mewujudkan komitmen seluruh komponen masyarakat untuk terus menjaga kerukunan dan kedamaian di tanah Papua khususnya di Kabupaten Raja Ampat.

    Penandatanganan deklarasi damai diikuti oleh seluruh tokoh masyarakat dan turut diikuti oleh mahasiswa Unimuda yang saat ini melakukan praktek kerja di Kabupaten Raja Ampat. (Red)

    No comments