• Breaking News

    "Samya", Pamerkan 20 Lukisan Karya Komunitas Nitirupa



    DENPASAR - Sebanyak 20 lukisan karya sepuluh orang perupa yang terhimpun dalam Komunitas Nitirupa dipamerkan dalam pameran bersama bertema "Samya" di Santrian Gallery, Sanur. Pameran dibuka Jumat (13/9) dan akan berlangsung hingga 31 Oktober 2019.

    Menariknya, pameran akan dibuka artis sekaligus pencinta seni, Jero Happy Salma. Adapun 10 perupa yang ambil bagian adalah Galung Wiratmaja, Loka Suara, Made Gunawan, Made Wiradana, Nyoman Sujana Kenyem, Pande Alit Wijaya Suta, Putu Bambang Juliarta, Teja Astawa, Uuk Paramahita, dan Wayan Redika.

    Dalam konferensi pers yang digelar Kamis (12/9), koordinator Komunitas Nitirupa, Wayan Redika menyebut tema "Samya" diambil dari kata Kawi atau Jawa Kuno yang mengandung arti 'seimbang' atau 'keseimbangan'. "Idenya berangkat dari perbincangan soal isu-isu kekinian, ketika kami melihat keseimbangan yang telah berada di titik nadir," ujarnya.

    Tema keseimbangan itu direspon para perupa dengan berbagai wujud visualisasi, yang pada dasarnya merupakan respon atas kondisi lingkungan, ekonomi, politik, nasionalisme, dan lain-lain. Menurut penilaiannya, saay ini ketidakseimbangan telah berjalan sedemikian rupa dan mengancam tatanan hidup, termausk di Bali.

    "Masyarakat Pulau Dewata punya Tri Hita Karana, tapi Bali sendiri kini semakin kehilangan wujud kesadaran dalam memberi arti yang sebenarnya atas filosofi adiluhung tersebut," katanya.

    "Karya yang kami pamerkan adalah wujud tangkapan-tangkapan pikir soal keseimbangan dan ketidakseimbangan yang dijadikan landasan pijak visualisasi. Topik yang dihadirkan setiap perupa sangat beragam, mulai prihal lingkungan, politik, nasionalisme, dan berbagai persoalan aktual lainnya," imbuhnya.

    Sementara itu, Galung Wiratmaja menjelaskan, keseimbangan sejatinya puncak pergolakan pikir yang bukan berakhir di satu titik. Dalam upaya ink, Samya yang diharap dapat menjalankan tugasnya dengan baik menjadi tema pameran dan menyebarkan pesan para perupa.

    Terkaiy pemilihan tema, ia menyatakan memang ssmpat terjadi timbang oandnag di kalangan perupa. "Perupa yang lebih muda sempat mengajukan tema dengan bahasa yang lebih modern, misalnya dengan kata Inggris, balance, tapi, akhirnya kita memilih samya agar dijiwai kebudayaan kita," ucapnya.( Adi/INN.W)

    1 comment:

    1. Though you might be} anticipated to have stronger palms to win, those wild playing cards reduce the burden of getting those palms. An intoxicated video poker player is doubtless to|prone to} make technique errors or make wrong card mixtures. To beat video poker, or at least of|no much less than} decrease the house edge, take your time, slow down and assume. As a poker player, you already know… nicely, to be a winner you need to|you should|you 카지노 have to} play a couple of of} palms, however, video poker is completely different. If you discover a video poker machine with a payout of over 100%, with a great technique, find a way to|you possibly can} anticipate to make earnings in lengthy run|the lengthy term}. Depending on how much a hand pays, find a way to|you possibly can} establish how high or low the house benefit is, as a result of|as a outcome of} all permissible video poker playoffs simulate an actual set of playing cards.

      ReplyDelete